Home » Potensi » Pariwisata » Tradisi Ngalangi di Pantai Wediombo
Tradisi Ngalangi di Pantai Wediombo

Tradisi Ngalangi di Pantai Wediombo

Salah satu pantai indah di kawasan timur Gunungkidul adalah Pantai Wediombo.  Kawasan pantai yang cukup luas membuat kita dengan leluasa memanjakan diri menikmati suasana pantai dengan bebatuan karst khas kawasan Gunungkidul. Jika Anda sudah sering berkunjung ke pantai-pantai yang bertebaran dipesisir selatan Gunungkidul, maka jangan melewatkan untuk tak menikmati hamparan pasir putih di pantai ini.

Tradisi Ngalangi

Setahun sekali di Pantai Wediombo diadakan upacara tradisi yang disebut Ngalangi. Ngalangi adalah upacara tradisi khas warga yang digelar oleh penduduk setempat, sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan atas anugerah yang diberikan dan memohon rejeki untuk masa datang. Anugerah yang dimaksud terutama adalah hasil tangkapan ikan yang jumlahnya lumayan, hingga bisa mencukupi kebutuhan. Upacara tradisi Ngalangi ini rutin diadakan di Pantai Wediombo dan dihadiri pemerintah daerah setempat juga warga sekitar.

Prosesi upacaranya cukup unik, dimulai dengan acara merentangkan gawar atau jaring yang dibuat dari pohon wawar. Jenis jaring ini konon digunakan untuk menangkap ikan sebelum adanya jaring dari senar yang dipakai sekarang. Gawar direntangkan dari bukit Kedongkowok hingga wilayah pasang surut pantai. Perentangan dilakukan saat air pasang, tujuannya adalah menjebak ikan yang terbawa ombak sehingga tak dapat kembali ke lautan.

Setelah air surut, ikan-ikan diambil. Warga kemudian sibuk membersihkan dan memasak ikan tangkapan. Sebagian kecil ikan dilabuh lagi ke lautan bersama nasi dan sesaji. Sebagian besar lainnya dibagi sesuai dengan jumlah keluarga penduduk setempat dan diantar ke rumah-rumah warga. Acara mengantar ikan ke rumah- rumah warga ini sering disebut kendurian besar, wujud kearifan lokal bahwa semua ikan adalah rejeki bersama.

Rute ke Wediombo

Wediombo terletak di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Sekitar 40km dari kota Wonosari. Jika datang dari arah barat seperti Wonosari atau Jogjakarta, belok kiri di pertigaan Mulo menyusuri indahnya pemandangan gugusan Pegunungan Seribu, sudah banyak papan penunjuk arah menuju ke pantai Wediombo. Akan tetapi jika datang dari wilayah utara seperti Klaten atau Cawas. Berjalan lurus ketika berada perempatan Karangmojo menuju Semanu. Setelah mencapai perempatan Semanu lurus terus melewati Pasar Semanu menuju desa Jepitu. Perhatikan sign board untuk mencapai pantai ini. Sesampainya di Kawasan Pantai Wediombo, kita diharuskan untuk memarkir kendaraan dan turun ke pantai dengan berjalan kaki. (Pustaka: GunungkidulTourism.com)

Berikan rating: 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Tentang GdHE

Gerakan memaksimalkan potensi dan sumber daya kabupaten Gunungkidul yang didukung semangat masyarakat untuk membangun Bumi Handayani menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.