Home » Tentang

Tentang

GdHE.web.id adalah website komunitas yang dikelola oleh @kabarGunkid dan Rakom Hanacaraka 107.7FM sebagai media opini dan gagasan untuk Gunungkidul dihari esok.

Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat menjadikan publik dapat mengakses berita dan informasi disekitarnya dengan cepat dalam genggaman.  Salah satu revolusi teknologi media sosial yang mengubah dunia adalah Twitter dan Facebook.  Gunungkidul, yang sering dianggap sebagai daerah yang terpinggirkan bahkan dianggap sering ketinggalan informasi ternyata tak mau kalah dengan daerah lain yang lebih ‘kota’. Dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengguna media sosial baik Facebook maupun Twitter.

Gunungkidul yang merupakan bagian dari keistimewaan Jogjakarta adalah daerah yang punya potensi luar biasa, terutama sektor pariwisata, selayaknya kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi digital tersebut. Maka muncullah @kabarGunkid, yang tak hanya mengabarkan peristiwa harian namun juga mengabarkan info wisata dan potensi lainnya agar lebih mendunia. Cepatnya teknologi merambah sampai ke pelosok membuat pengguna media sosial pun berkembang sangat pesat di Gunungkidul.  Hal ini bisa memberikan dampak positif, dimana masyarakat bisa dengan cepat mengakses informasi disekitarnya.  Hal tersebut berdampak pula dengan meningkatnya follower @kabarGunkid dari waktu ke waktu. Kemudian lahirlah radio komunitas Hanacaraka 107.7FM di Wonosari yang ikut bergabung dalam jejaring ini.

Apa itu GdHE?

Sinergi positif antar pelaku media di Gunungkidul menciptakan ruang baru untuk memikirkan dan bertindak membangun Gunungkidul serta mengabarkan hal baik kepada publik.  Maka Gunungkidul di Hari Esok (GdHE) menjadi salah satu wahana untuk menyampaikan gagasan dan opini kepada masyarakat maupun pemerintah daerah Gunungkidul.

GdHE diharapkan menjadi penyeimbang dari menjamurnya media online yang masih berprinsip “bad news is good news”.  Setidaknya kita bisa berbagi kepada masyarakat luas bahkan ikut urun rembug kepada pemerintah melalui media ini baik media sosial maupun radio komunitas.  Meskipun itu tak mudah jika tak dibarengi dengan kinerja dari aparat pemerintahan yang cak-cek, sepi ing pamrih rame ing gawe dan juga mau mendengarkan keluh kesah rakyatnya.

Akhirnya, mari kita memaksimalkan potensi diri yang kita miliki untuk memaksimalkan sumber daya kabupaten Gunungkidul baik itu sumber daya alam, potensi wisata dll yang didukung semangat masyarakat untuk membangun Bumi Handayani menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.

Jejaring

Rasa kepedulian terhadap Gunungkidul memicu berbagai elemen masyarakat turut andil menyumbangkan darma baktinya.  Didasari semangat berbagi dan rasa ‘handarbeni’ dengan satu visi misi untuk memajukan Gunungkidul, jejaring kami semakin meluas dari berbagai elemen seperti radio komunitas dan gerakan sosial yaitu Hanacaraka 107.7FM (@HNCRKFM), Argosari Radioline (@ArgosariRadio), RadekkaFM (@RadekkaFM), DRRGunungkidul (@DRRGunungkidul).  Kesemuanya memiliki satu tekad untuk membawa Gunungkidul semakin maju dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan.

Tim Redaksi

 

Alamat

Studio Radio Hanacaraka 107.7FM

Jl. Taman Bakti Jeruksari Wonosari, Gunungkidul