Home » Artikel » Good News » Radio Hanacaraka FM Hadir Untuk Wonosari Kota Hijau
Radio Hanacaraka FM Hadir Untuk Wonosari Kota Hijau

Radio Hanacaraka FM Hadir Untuk Wonosari Kota Hijau

Sebuah radio komunitas telah lahir di Kota Wonosari. Hanacaraka FM namanya. Radio yang bekerja di frekuensi 107.7 FM ini memilih segmen anak muda dan yang berjiwa muda dengan memanggul  visi besar yaitu menjadikan Wonosari sebagai Kota Hijau.

Cukup beralasan ketika Hanacaraka FM menawarkan “sesuatu yang baru” di tengah hiruk pikuk kehidupan masyarakat kota Wonosari dengan menyajikan siaran yang edukatif dan inspiratif mulai pukul  06.00 – 24.00 WIB.

Sularno, Ketua Badan Penyelenggara Penyiaran Komunitas (BPPK) Hanacaraka FM memaparkan visi Untuk Wonosari Kota Hijau disepakati  sebagai ruang pembelajaran mewujudkan kota yang  berpengetahuan  ekologi dan humanis.

“Kami ingin ajak warga berinovasi membangun tata kota Wonosari yang berkonsep green city, dan memulainya dengan berpengetahuan melalui Hanacaraka FM”,  jelasnya.

Kanca Inovatif Hanacaraka, sapaan bagi pendengar, akan mendapatkan informasi dan pengetahuan terkait dengan usaha mewujudkan kota hijau tersebut. Dengan kemasan siaran bergaya youngsters (anak muda), Hancaraka FM berikhtiar membangun jaringan anak muda inovatif  bagi kota Wonosari.

“Konsep  green city yang menumbuhkan dan menggerakkan anak muda inovatif  di kota Wonosari”, imbuh pegiat pelestari pasar tradisional ini seraya menegaskan bahwa menciptakan kota hijau membutuhkan peta jalan yang partisipatif supaya cita-cita tersebut mendapat dukungan semua pihak dan dapat terwujud bagi masa depan generasi penerus kota Wonosari yang berwawasan lingkungan.

Sisi menarik dari Hanacaraka FM juga terletak di slogan Temen Mugen Rigen. Temen berarti  jujur, serius, dan dapat dipercaya.  Mugen berarti  bisa mempertanggungjawabkan amanah dan Rigen yang bermakna  mampu selesaikan segala masalah dengan kreatif, inspiratif, dan inovatif.  Melalui slogan ini Hanacaraka FM ajak pendengarnya untuk menjadi pribadi yang Temen Mugen Rigen untuk wujudkan Wonosari Kota Hijau.

Hanacaraka FM akan resmi mengudara pada momen Peringatan 68 Tahun Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2013 nanti sebagai simbol gerakan inovatif anak muda kota Wonosari dalam mengisi Kemerdekaan RI.

Konsep Green City telah banyak dikembangkan di kota – kota besar di dunia  seperti  Vancouver Kanada, Malmo Swedia, Curitiba Brazil, Portland Oregon USA, dan Reykjavik Islandia serta kota lainnya. Sementara di Indonesia, kota Medan dan Bandung telah memulai sosialisasi konsep ini.

Bukanlah sebuah mimpi yang berlebihan jikalau Wonosari memulai langkah baik itu dan Hanacaraka FM dengan segenap punggawa siar dan jaringannya menjadi instrumen pengelolaan pengetahuan green city bagi warga Wonosari. (HW/GdHE)

Profil Radio

  • Nama: Hanacaraka FM
  • Slogan: Temen, Rigen, Mugen
  • Frekuensi: 107.7 FM
  • Studio: Jl. Taman Bakti Jeruksari, Wonosari
  • Jangkauan: Kota Wonosari dan sekitarnya
  • Konsep Siaran: Berjiwa Muda
  • Sapaan Pendengar: Kanca Inovatif
  • Jam Siar: 06.00 – 24.00 WIB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)

Tentang Hernindya Wisnuadji

Pegiat inovasi desa. Pecinta branding komunitas. Memulai kegiatan community enpowerment sejak 1998 dan berkesempatan belajar audit sosial di Hyderabad, India tahun 2011.