Home » Artikel » Opini Publik » Menemukan Sosok Pemimpin Terbaik Untuk Gunungkidul
Menemukan Sosok Pemimpin Terbaik Untuk Gunungkidul

Menemukan Sosok Pemimpin Terbaik Untuk Gunungkidul

Kurang lebih sebulan lagi, Indonesia akan melangsungkan hajat besar yang baru pertama kali terjadi, yaitu pemilihan kepala daerah secara serentak diseluruh kabupaten / kota di Indonesia, tepatnya tanggal 9 Desember 2015.  Tentu saja termasuk kabupaten Gunungkidul akan ikut serta melangsungkan Pilkada pada hari tersebut.

Beda dengan daerah lain di lingkup Daerah Istimewa Jogjakarta, kabupaten Gunungkidul terbanyak memberikan alternatif pilihan bupati dan wakil bupati, yakni 4 (empat) pasangan calon, baik itu yang diusung partai maupun yang maju secara independen.  Sesuai dengan Keputusan KPU Gunungkidul No. 40/Kpts/Kpu-kab/13.329619/2015 tentang Penetapan Nomer Urut Pasangan Calon, berikut ini adalah urutannya:

badingahNo. 1 : Hj. Badingah, S.Sos dan Dr. Drs. Immawan Wahyudi, M.H.

Pengusung : PAN, Golkar, Nasdem, Hanura, PPP

Baca: Visi Misi / Profil

benyaminNo. 2 : Benyamin Sudarmadi dan H. Mustangid

Pengusung: Independen

Baca: Visi Misi / Profil

Link: Facebook

djangkung - endahNo. 3 : H. Djangkung Sudjarwadi, S.H., LLM dan Endah Subekti Kuntariningsih, S.E.

Pengusung: PDIP

Baca: Visi Misi / Profil

Link: Facebook / Twitter / Website

subardi - wahyuNo. 4 : H. Subardi, TS dan Dr. Ir. H. Wahyu Purwanto, M.SIE

Pengusung: Gerindra, PKS, Demokrat, PKB

Baca: Visi Misi / Profil

Hadirnya empat pasangan calon tersebut tentu saja memberi banyak alternatif pilihan terbaik bagi masyarakat Gunungkidul.  Tapi disisi lain, ada juga sebagian masyarakat yang justru bingung ketika dihadapkan pada banyak pilihan, apalagi jika mereka belum mengenal sosok cabup dan cawabup yang akan mereka pilih. Takutnya, pemilih akan menentukan pilihan dari tebal tipisnya amplop.  Inilah yang seyogyanya dihindari.  Sudah seharusnya para calon meniadakan politik uang ditengah masyarakat jika benar-benar ingin menjadi pemimpin yang jujur dan amanah. Dan begitupun masyarakat, tidak serta merta terbujuk dengan uang yang tidak seberapa atau langsung percaya dengan deretan program kerja sang calon bupati.  Akan lebih bijaksana jika kita bisa mencari tahu sosoknya, latar belakangnya, kiprahnya di masyarakat dan sebagainya.

Berikut ini beberapa kriteria yang diinginkan oleh masyarakat Gunungkidul sebagai Bupati dan Wakil Bupati.  Kami rangkum dari berbagai lapisan masyarakat yang kami tanyai tentang sosok pemimpin idaman yang layak memimpin Gunungkidul.

1. Taat Beragama

Beragama mengandung maksud beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mampu mengamalkan ajaran agama yang baik sehingga akan menjadi tauladan bagi masyarakat Gunungkidul. Nilai-nilai luhur yang diamalkan dalam bekerja, tentu akan melandasi setiap sikap dan pengambilan keputusan yang memihak kepada kebenaran.

2. Jujur

Syarat mutlak seorang pemimpin yang baik adalah jujur. Seperti motto KPK “Berani Jujur Hebat.”  Disinilah nilai kejujuran mutlak diperlukan bagi siapapun yang menjadi pemimpin.  Gunungkidul membutuhkan seseorang yang bersih dan anti korupsi, teguh memegang amanah dan mau berkorban bagi kepentingan rakyat.

3. Dekat Dengan Rakyat

Seorang pemimpin yang tidak membuat jarak dengan rakyatnya akan lebih cepat tahu apa yang apa yang dibutuhkan dan apa yang harus dilakukan.  Gunungkidul tidak butuh Bupati yang sok bahkan membuat kasta tersendiri dan tidak mau turun ke lapangan.

4. Tidak Anti Kritik

Gunungkidul butuh seorang pemimpin yang mau mendengarkan aspirasi, keluhan, kritik dan saran dari masyarakat.  Pada era teknologi informasi seperti sekarang ini, Gunungkidul membutuhkan bupati yang lebih terbuka dan tidak menutup diri dari jejaring sosial.  Masyarakat yang tidak tahu bagaimana menyampaikan saran, banyak yang berkeluh kesah di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Jangan selalu dipandang sisi negatifnya, tapi ambillah manfaatnya. Kepala daerah lain sudah banyak yang duluan aktif di media sosial, Gunungkidul pun seharusnya mempunyai Bupati yang mau berinteraksi secara langsung dan mendengar saran dari berbagai sumber demi tercapainya pembangunan yang merata dan tepat sasaran.

5. Tegas dan Berwibawa

Kita membutuhkan kepada daerah yang tegas dan berwibawa, tidak cemen dan lemah terhadap tekanan.  Kita butuh pemimpin yang mampu mengambil keputusan dengan tepat dan bijaksana.

6. Tanggungjawab

Tanggungjawab dimaksudkan bukan sekedar tandatangan diatas kertas, tapi lebih kepada menepati janji dan sumpahnya kepada Tuhan. Seorang pemimpin yang memiliki tanggung jawab yang tinggi akan melakukan pekerjaannya dengan penuh kehati-hatian, jujur dan berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik.

7. Pengalaman dan Strategi

Tidak hanya bertanggungjawab, Gunungkidul juga membutuhkan kepala daerah yang berpengalaman dalam banyak hal.  Pengalaman memimpin, berorganisasi dan berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat.  Selain itu dibutuhkan juga seorang pemimpin yang punya strategi brilian dalam membangun Gunungkidul.  Kita tahu bahwa Gunungkidul mempunyai beragam potensi mulai dari hasil pertanian, budaya hingga pariwisata.  Disinilah dibutuhkan tata kelola yang baik, strategi pengelolaan yang jitu, agar potensi tersebut bisa menghasilkan manfaat yang bisa dinikmati masyarakat secara adil dan merata.  Pemimpin yang peduli akan lebih mementingkan rakyat dibandingkan golongan atau dirinya sendiri. Merekalah pemimpin yang mempunyai rasa handarbeni dan hangrungkepi.

8. Kemampuan Manajerial

Kemampuan memanajemen kebutuhan personal, pekerjaan, dan bawahan adalah modal yang sangat besar dalam memimpin. Dari situlah pemimpin akan dapat bisa menjadikan pemerintahan berjalan dengan baik (good governance). Serta dapat mengarahkan masyarakatnya. Menjadikan masyarakatnya berjalan pada kehidupan yang lebih baik atas keberhasilan manajemen pemimpinnya.

9. Kepiawaian Membangun Relasi

Sebagai daerah yang sedang berkembang, Gunungkidul membutuhkan anggaran yang besar untuk membangun dan berkembang.  Pendapatan daerah yang tidak begitu besar, cukup menghambat dalam menentukan pos-pos anggaran.  Gunungkidul membutuhkan banyak investor yang punya komitmen untuk membangun bukan sekedar mengeruk keuntungan dari bumi handayani.  Maka dibutuhkan seorang kepala daerah yang cerdas dan piawai dalam membangun komunikasi dan relasi dengan berbagai instansi dan investor dalam upaya menumbuhkan laju perekonomian dan menciptakan banyak lapangan kerja di Gunungkidul.

Artikel ini bukan sebagai bentuk provokasi agar memilih salah satu pasangan calon tertentu, namun hanya sebagai pembuka wawasan dalam memilih saat pilkada nanti.  Untuk mengetahui lebih jelas tentang sosok capub dan cawabup Gunungkidul, silakan Anda baca riwayat hidup dan visi misi mereka secara lengkap.  Link tersedia diatas. Atau silakan kunjungi website KPU Gunungkidul.

Yang pasti kita membutuhkan pemimpin yang bersih, anti kampanye hitam, anti politik uang, yang ingin menang dengan terhormat dan mematuri peraturan yang telah ada. Sesuatu yang dimulai dengan cara yang baik insya Allah akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Selain hanya berdasarkan tulisan, akan lebih lengkap jika Anda bisa menelusuri track record masing-masing pasangan calon, baik itu dalam kiprah di pemerintahan, pengalaman politik dan organisasi, hubungan sosial dari berbagai macam sumber yang Anda percaya. Selamat menentukan pilihan seorang pemimpin yang terbaik untuk Gunungkidul dihari esok yang lebih makmur dan sejahtera!! (Umi/Arw)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)

Tentang GdHE

Gerakan memaksimalkan potensi dan sumber daya kabupaten Gunungkidul yang didukung semangat masyarakat untuk membangun Bumi Handayani menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.