Home » Berita » Gaplexfornia Outsiders: ‘Si Pemulung’ Yang Peduli Kebersihan Pantai di Gunungkidul
Gaplexfornia Outsiders: ‘Si Pemulung’ Yang Peduli Kebersihan Pantai di Gunungkidul

Gaplexfornia Outsiders: ‘Si Pemulung’ Yang Peduli Kebersihan Pantai di Gunungkidul

Salah satu potensi pariwisata paling dikenal dari Gunungkidul adalah wisata pantai.  Dengan jumlah lebih dari limapuluhan pantai bersuasana khas kawasan karst, tak ayal lagi Gunungkidul menjadi surga bagi para petualang dan penikmat pantai.

Namun tak cukup hanya dengan merasa bangga atas apa yang telah kita punya, kepedulian untuk menjaga dan memeliharan kelestarian dan keseimbangan alam harus seiring sejalan karena itu merupakan bagian dari tanggungjawab kita kepada sang pencipta dan anak cucu kita.

Seperti kita ketahui jika Gunungkidul khususnya obyek wisata pantai, selalu dibanjiri oleh ribuan wisatawan khususnya akhir pekan atau hari libur. Beragam aktivitas para wisatawan tentunya akan menimbulkan berbagai dampak baik yang positif maupun negatif.  Salah satu yang perlu kita berikan perhatian adalah masalah sampah.  Ada sebagian wisatawan yang sadar menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya namun ada sebagian lain yang tak peduli.

Hal inilah yang menjadi keprihatinan sekelompok pemuda Gunungkidul kemudian menyemangati mereka untuk turut andil menjaga ekosistem pantai dengan mengadakan kegiatan positif yang patut mendapat apresiasi yaitu bersih-bersih pantai.  Komunitas yang menamakan diri Gaplexfornia Outsiders ini mempunyai niatan untuk ikut menjaga bumi dan sumber daya alamnya dengan menjaga kebersihan pantai. Tentu kegiatan positif ini mereka lakukan karena menyadari tanggungjawabnya sebagai putra daerah Gunungkidul.

Seperti diulas dalam blognya oleh salah seorang penggagas dari Gaplexfornia Outsiders, Febri Ramadhani Setyawan, bahwa pesatnya wisatawan akan berbanding lurus dengan dampak negatifnya terhadap ekologi disekitar pantai. Kurangnya tempat sampah dan manusia yang tidak bertanggung jawab menjadi faktor utama terhadap banyaknya sampah plastik yang berserakan. Dampaknya sangat signifikan karena bahan plastik akan membutuhkan puluhan bahkan ratusan tahun agar bisa terurai padahal 80% (delapan puluh persen) dari sampah di laut adalah plastik. Massa plastik di lautan diperkirakan yang menumpuk hingga seratus juta metrik ton. Jika ini dibiarkan terus menerus maka manusia sendiri yang akan menanggung akibatnya dimasa depan.

Gaplexfornia Outsiders (@OSDgaplexfornia) akan mengadakan aksi Beach Clean Up, dan memberi edukasi bahaya sampah plastik terhadap ekologi alam serta mengajak semua orang untuk mengurangi penggunaan plastik. Acara ini direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei besok dimana terbuka bagi siapapun yang ingin ikut berpartisipasi.  Untuk kepastian tanggal pelaksanaan akan diberitahukan lebih lanjut. Setelah melihat semangat mereka untuk aktif menjaga kebersihan pantai maka sudah selayaknya kita mendukung sepenuhnya atas kepedulian para remaja ini untuk selalu menjaga Bumi Handayani tetap lestari.

Berikan rating: 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Tentang GdHE

Gerakan memaksimalkan potensi dan sumber daya kabupaten Gunungkidul yang didukung semangat masyarakat untuk membangun Bumi Handayani menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.