Home » Berita » Festival Cerita Kampung Hanacaraka
Festival Cerita Kampung Hanacaraka

Festival Cerita Kampung Hanacaraka

Bercerita merupakan aktivitas yang lumrah dilakukan oleh tiap orang. Dengan bercerita, orang bukan hanya sampaikan pesan yakni isi cerita, namun juga sampaikan apa yang ia rasakan terkait cerita yang disampaikan. Aktivitas bercerita juga miliki dampak positif pada ketrampilan berkomunikasi pada orang lain dan yang lebih luas lagi kemudian disebut public speaking.

Nah, Hanacaraka FM ingin memberikan ruang bagi kita, Kanca Inovatif, untuk meningkatkan ketrampilan menyampaikan pesan yang dikemas dalam Festival Cerita Kampung Hanacaraka. Kegiatan ini sekaligus sebagai ajang membangun Kampung Hanacaraka untuk Wonosari Kota Hijau. Sebagaimana layaknya sebuah kampung dimana penduduknya bisa saling berinteraksi, hidup harmoni, saling berbagi, dan membangun konsensus bersama, Kampung Hanacaraka pun ingin menciptakan kehidupan yang dicita-citakan bersama yakni Wonosari Kota Hijau. Festival Cerita Kampung Wonosari Kota Hijau mengajak tiap pribadi untuk melatih diri bercerita tentang kampung kita. Apa yang akan diceritakan tidak dibatasi dalam tema tertentu alias bebas sehingga memberikan ruang seluas-luasnya bagi kita. Cerita Kampung yang kita kirim ke studio Hanacaraka FM cukup kita tulis dalam selembar kertas dan boleh ditulis tangan lho. Kirim selambat-lambatnya 25 Oktober 2013 ya…

Untuk memberi gambaran seperti apa sih yang akan kita kumpulkan, berikut adalah ilustrasinya :

Di Kampungku, Desa Jeruksari Wonosari, ada seorang pensiunan tentara, meski sudah sepuh dan berkeriput namun energinya masih sangat prima. Mbah Dauzan, begitu nama ia sering disapa. Orang tua yang kini tinggal sendiri ini, kesehariaannya dipenuhi dengan aktivitas mengelola perpustakaan yang ia bangun untuk masyarakat di kampungku. Ada ribuan buku telah ia beli untuk melengkapi koleksi perpustakaan yang telah miliki ratusan jaringan kelompok pembaca ini.

Untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, ia memakai pola jemput bola.  Mbah Dauzan menawarkan buku – bukunya dengan mengunjungi calon pembaca dari rumah ke rumah dengan motor bututnya yang membawa ratusan buku dengan tas besar, ya semacam petugas pos lah. ………………….

Kanca Inovatif tidaklah perlu ambil pusing mengenai bahasa ya, yang kita lihat adalah pesan dari konsep cerita kampungnya kok. Ada 10 Tshirt Cerita Kampung Hanacaraka yang KEREN bagi konsep cerita yang menarik. AYOOOO Kanca Inovatif kita mulai hari ini untuk inovatif yaaa, MARI  kita bangun KAMPUNG HANACARAKA dengan hal yang kecil dan sederhana saja dulu untuk Wonosari Kota Hijau.

*)Konsep Cerita yang menarik akan diolah menjadi Feature Cerita Kampung Hanacaraka oleh Tim Kreatif Hanacaraka FM dan akan diputar secara berkala di Hanacaraka 107.7 FM

Berikan rating: 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Tentang Hanacaraka FM

Sebuah radio komunitas di Kota Wonosari. Bekerja di frekuensi 107.7 FM dengan menyasar segmen anak muda dan yang berjiwa muda dengan memanggul visi besar yaitu menjadikan Wonosari sebagai Kota Hijau.