Home » Artikel » Opini Publik » City Branding untuk Gunungkidul
City Branding untuk Gunungkidul

City Branding untuk Gunungkidul

Gunungkidul sampai sekarang belum memiliki city branding atau identitas sebuah daerah yang ditandai dengan logo serta slogan. City branding dianggap penting untuk pengenalan daerah kepada wisatawan.

Desainer grafis asal Gunungkidul, Arwan, mengatakan city branding itu diperlukan untuk membangun citra kabupaten di mata wisatawan. “Apalagi Gunungkidul sekarang sedang jadi perhatian banyak orang karena wisatanya,” kata Arwan kepada Harian Jogja, Rabu (26/12).

Arwan mengatakan city branding itu juga berguna untuk memudahkan orang ingat kepada Gunungkidul. Dia membandingkan dengan branding dari produk-produk industri seperti Nike dengan slogan Just Do It.

“Dengan hanya melihat logonya, orang tahu kalau itu Nike,” kata Arwan. Menurutnya, Gunungkidul perlu belajar dari Jogja yang telah membuat city branding yakni “Never Ending Asia”.

Konsep itu dianggap penting untuk menarik wisatawan datang ke daerah destinasi wisata.Selain Jogja, daerah lain di DIY yang punya city branding adalah Kulonprogo yakni “The Jewel of Java”.
Arwan mengatakan city branding juga berpotensi menarik investor untuk berinvestasi di Gunungkidul. Pasalnya, city branding dibuat untuk membangun pencitraan yang kuat tentang suatu daerah.

Selain itu, Arwan mengatakan city branding juga dapat memiliki dampak ekonomi.  Warga Gunungkidul dapat menggunakan city branding ini untuk membuat kaus, kerajinan serta karya lainnya yang dapat dijadikan komoditas dagang.

Pemerintah, ujarnya, perlu membuat city branding ini agar wisata Gunungkidul semakin semarak. Namun, pembuatan city branding juga harus diikuti dengan perbaikan sarana prasarana serta infrastruktur daerah.

“Supaya wisatawan yang datang berkunjung tidak kecewa karena kenyataannya berbeda dari city branding,” kata Arwan. Terpisah, wisatawan yang sering berkunjung ke Gunungkidul, Roby Mahendra, 24, mengatakan pemerintah perlu memikirkan upaya-upaya alternatif untuk pengembangan kabupaten ini.

Sumber: Harian Jogja

Berikan rating: 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Tentang GdHE

Gerakan memaksimalkan potensi dan sumber daya kabupaten Gunungkidul yang didukung semangat masyarakat untuk membangun Bumi Handayani menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.